Script Unselect dan CSS Anti Copas

Script Unselect dan CSS Anti CopasTerkadang sakit memang jika tulisan atau postingan yang dikerjakan dengan susah payah kita ketahui di copy paste alias di copas alias di curi orang lain. Postingan blog ngalor ngidul sendiri mungkin rata-rata telah ada salinannya di blog yang lain. Hal ini juga lah  yang membuat malas untuk update posting.

Sebenarnya ada sedikit keinginan untuk memasang Script Unselect atau CSS Anti Copas biar orang tidak menggunakan postingan untuk postingan blog pribadi.

Ngomong-ngomong soal Script Unselect atau CSS Anti Copas ini, mungkin sebagian dari teman-teman ada yang berniat untuk memasangnya di blog pribadi.

1. Script Unselect
<script type="text/javascript">function disableSelection(target){if (typeof target.onselectstart!="undefined") //For IE target.onselectstart=function() {return false} else if (typeof target.style.MozUserSelect!="undefined") //For Firefox target.style.MozUserSelect="none"else //All other route (For Opera)target.onmousedown=function(){return false} target.style.cursor = "default"}</script> 


Cara penggunaannya adalah cukup dengan mengcopy kode script diatas kemudian letakkan di dalam tag body template. Biasanya untuk kode script di template blogger masuk ke Menu Edit HTML diletakkan di atas kode </head>
2. CSS anti Copas.

Selain dengan memasang script unselect, cara lain agar postingan kita tidak bisa di copy paste alias copas adalah dengan memberikan sedikit kode CSS unselect atau CSS Anti copas. Caranya cukup gampang. Yaitu cukup dengan memberikan kode CSS dibawah ini ke kode CSS area yang tidak ingin di copas. Biasanya kode ini ditambahkan pada bagian posting.

Sebagai contoh untuk menonaktifkan CSS Unselect atau CSS Anti Copas ini hanya pada bagian posting, silakan masuk ke bagian Design - Edit HTML. Kemudian cari kode ]]></b:skin> dan letakkan kode berikut diatasnya.

.post-body {display:block;-moz-user-select: none;-khtml-user-select: none;-o-user-select:none;user-select: none;unselectable: on;}
 Jika ingin menggunakan CSS Anti Copas ini diseluruh halaman, ganti saja kode diatas menjadi;

body {display:block;-moz-user-select: none;-khtml-user-select: none;-o-user-select:none;user-select: none;unselectable: on;}
Dengan demikian maka semua tulisan yang ada di blog anda tidak akan bisa di copas atau sedikit lebih terjaga karena fungsi Script dan CSS diatas adalah untuk mendisable fungsi select, klik kanan dan CTRL A. Dengan menerapkan kode tersebut blog anda juga akan tidak bisa ditembus menggunakan shortcut pada keyboard sehingga dapat mencegah copy paste artikel post tanpa seizin penulis dan tidak memperlambat loading blog anda.

Kekurangan dari jika kita memasang Script Unselect atau CSS Anti Copas diatas adalah secara otomatis Page View dari pengunjung pasti akan berkurang karena mereka tidak bisa membuka banyak postingan secara bersamaan yang disebabkan link yang ada diblog kita tidak bisa dibuka di tab baru jika link yang akan dibuka memang bukan link yang di setting terbuka di tab baru.







Sumber: realfa84
Share on Google Plus

About Blogger Pemula

Seorang yang hobi menjelajahi dunia internet menggali segala informasi penting, menulis artikel, blogging, menyukai desain grafis dan juga desain web. Semua pengalaman didapat dari belajar Otodidak. Memiliki mimpi untuk menjadi seorang web developer.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar: